16 Juli 2017

Menjaga Keseimbangan Nutrisi Makanan Kelinci


Zaman sekarang memelihara kelinci khususnya untuk hobi lebih mudah, salah satunya karena pemberikan makanan tidak perlu lagi dengan rumput atau sayur-sayuran. Sekarang sudah banyak tersedia pelet kelinci berbagai merek yang menawarkan komposisi nutrisi mulai dari protein, vitamin, serat dan lainnya yang cukup baik juntuk pertumbuhan kelinci muda dan membentuk tubuh kelinci.

Tapi jangan lupa kelinci juga membutuhkan makanan alami seperti rumput, sayuran, atau buah-buahan yang untuk tetap menjaga kesehatannya. Makanan alami tersebut dibutuhkan salahsatunya sebagi asupan serat alami yang tidak bisa disediakan olah pelet kelinci. Sangat penting mengkombinasikan pakan pelet dengan pakan alami karena kebutuhan nutrisi bisa lebih lengkap dan menghindarkan maslah seperti kelinci stres, tidak mau kawin, tidak mau menyusui, dan sebagainya.

Berikut daftar kombinasi makanan kelinci yang baik untuk kelinci:



SAYUR-SAYURAN

Sayur-sayuran menyediakan lebih banyak nutrisi dan air untuk kelincimu. Sayuran hijau yang baik untuk kelinci diantaranya: kangkung, wortel, lobak, kol, daun singkong, sawi, daun turi, daun kembang sepatu, daun lamtoro, daun bit, daun kacang-kacangan, talas, daun pepaya, dan lainnya. Tetapi, ingatlah bahwa beberapa jenis sayuran dapat membuat tinja kelinci lebih lunak, bahkan mebuat kelinci diare. Jadi dites dulu yaa ke kelincimu. Selain itu, pastikan untuk mencuci sayur-sayuran tersebut sebelum diberikan pada kelinci dan sisakan sedikit air (jangan dikeringkan). 

HAY ATAU RUMPUT

Makanan yang paling baik untuk kelinci adalah Hay. Hay merupakan rumput awetan yang dipotong tepat sebelum berbunga. Rumput kemudian dikeringkan bertahap supaya kandungan gizinya tidak rusak dan untuk mempertinggi kandungan serat kasarnya. 

Rumput sangat penting untuk memenuhi kebutuhan serat kelinci, sehingga mencegah terjadinya penyumbatan di saluran cerna. Rumput juga sehat untuk pertumbuhan gigi kelinci karena harus dikunyah. Gigi kelinci tumbuh terus menerus, dan mengunyah akan menjaga gigi tetap tajam sehingga pertumbuhan gigi tidak terlalu cepat. 

Pertumbuhan gigi kelinci yang terlalu cepat akan membuat kelinci merasa tidak nyaman saat makan, bahkan bisa menimbulkan luka dan infeksi di rongga mulut. Selain itu, rumput juga dapat membuat kelinci merasa kenyang sehingga dia tidak menggigit-gigit barang-barang yang ada di dekatnya.
    
BUAH-BUAHAN

Kelinci juga bisa diberi makan buah-buahan. Namun buah-buahan bukan termasuk jenis makanan kelinci yang utama, sifatnya hanya sebagai cemilan. Buah-buahan seperti Apel (jangan berikan bijinya; bijinya beracun), Pear, Kesemek (peach), Pepaya, Strowberi, Raspberi, Pisang, Anggur (singkirkan bijinya), Nanas bisa kamu berikan ke kelincimu.
     
PELET

Selain makanan alami seperti sayuran, buah, dan rumput, pelet adalah makanan pabrikan yang khusus diproduksi untuk pakan kelinci. Pelet dapat diberikan untuk kelinci yang sedang dalam masa penyembuhan yang harus menambah berat badannya. Umumnya pelet atau makanan buatan ini kandungan nutrisinya sudah disesuaikan dengan pertumbuhan kelinci dengan aturan pakai menurut usia kelinci. Pelet tidak boleh dijadikan makanan utama pun tidak boleh diberikan terus-menerus lho yaa.
    
Sumber:
https://indorabbitfans.tripod.com/id3.html
https://alwib.net/makanan-kelinci/

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.